Halaman

18 Februari 2013

Sabar dan Syukur

Hmmm sabar dan syukur ya? dua kata tersebut merupakan pasangan,,,dua kata yang jika benar2 dipegang dan diterapkan maka itu bisa membuat seseorang bertahan. Dua kata tersebut dipasangkan sedemikian rupa agar digunakan sebagaimana mestinya, seperti Baik dan Buruk, Benar dan Salah, Surga dan Neraka. Sabar dan Syukur dipegang seseorang sebagai pegangan bagi diri.

Jika dia diberikan ujian, maka kata 'Sabar' lah yang harus diterapkan, dan ketika nikmat yang didapatnya, maka kata 'Syukur' lah yang harus diterapkan. Segala apapun yang menimpa seseorang, pada akhirnya sabar dan sykur lah yang bisa menjaga dirinya agar bisa bertahan. Ketika meminta do'a untuk disabarkan, maka Dia akan diberikan permasalahan yang mengharuskan dia untuk bersabar. Walaupun bagi seseorang, kata Sabar dalam penerapannya tidak mudah. Yup? benar sekali,,itu bukanlah hal yang gampaaaang, susah banget malah. Bahkan ketika saya membicarakan kepada teman-teman saya juga, mereka akan bilang hal yang sama. Ya,,,memang benar,,kita akan berfikiran seperti itu.

Lalu sikap terbaik apa yg hrs kita lakukan ketika kita ditimpa permasalahan yg mengharuskan kesabaran kita? Tetap dalam kesabaran jawabannya. Kenapa tetap dalam kesabaran? ya memang itu, apa lgi yang bisa dilakukan, ya kita musti tetapkan hati dan diri ini dalam kesabaran. Dalam rangka apa kita lakukan itu? ya dalam rangka meraih Ridho-Nya.

Lalu bagaimana kita mengenal siapa yang bersyukur dan bersabar? hanya orang2 terdekatlah yang tau dan Allah lah yang tau setiap diri seperti apa keadaannya. Jika berbicara tentang ujian, bahkan Allah langsung yang akan menguji seseorang, apakah benar dia sudah beriman atau hanya sebatas yang disebut beriman? Tak henti-henti nya Allah akan terus memberikan ujian dalam rangka kasih sayangNya kepada hambaNya. Ketahuilah, yang tau apakah diri sudah sabar atau belum adalah dirinya sendiri, tentu dengan pertolongan Allah. Dia akan diberikan kemampuan untuk bisa menilai sejauh mana kesabarannya.

 nb : hanya sebatas oret-oretan,,,,,:) fungsinya sebagai pengingat diri saja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar