Laman

28 Oktober 2010

Cheddar Cheese Cake (w/ Oven Tangkring)

Bener2 dech,,,cake ini memang bikin penasaran banget,,,,setelah baca2 comment dari orang2 yg pernah buat dan mereka bilang nih cake itu lembuuuttt banget kyk sponge dan cheessy,,,gimana gak bikin penasaran coba? klo ada orang yg bilang yummy, truss ada yg bilang orang yg gk biasa makan cake malah jadi suka makan cake yang satu ini,,,arrrggghhh bener2 dech penasarannya makin menjadi2,,,,,hmmm akhirnya kemarin bisa terlaksana untuk coba bikin cake-nya. O iya, aku dapet resep ini dari cakefever.com. Berikut resepnya :
Bahan I :
130 gram susu cair (UHT atau fresh) --> aku pke susu Ultra
40 gram unsalted butter --> aku pke orchid butter, anchor juga bisa, cuman hargaX lbh mahal
125 gram cheddar cheese

Bahan II :
20 gram tepung terigu protein sedang
15 gram tepung maizena
2 kuning telur
1 sdt air jeruk lemon

Bahan III :
3 putih telur
80 gram gula pasir
1/4 sdt cream of tar-tar (cott) --> cott aku ganti pke air lemon dari 1/2 bulet lemon

Bahan IV (hiasan) : --> kali ini aku gak pake Bahan IV, repot musti beli lgi selai
1 sdm selai aprikot
1 sdm air matang

Cara membuat :
1. Siapkan loyang 18cm olesi dengan mentega, lapisi dengan kertas roti, olesi sekali lagi dengan mentega hingga rata. Lapisi bagian luar loyang dengan alumunium foil, pastikan loyang kedap air. Siapkan loyang untuk air rendaman, isi dengan air sampai 1/4 nya (saat memanggang ketinggian air tidak boleh melebihi 1/3 tinggi loyang adonan)
2. Kocok putih telur, gula pasir, air lemon (bahan III) hingga 'soft peak' saja.
3. Masukan loyang berisi air ke oven, nyalakan ovend engan suhu 160 derajat celcius.
4. Campur mentega, susu cair, keju cheddar yang sudah diparut (bahan I) dalam panci kecil, panaskan diatas api sambil diaduk-aduk hingga semua bahan meleleh dan menyatu. Jaga supaya krim tidak samapai gosong. Jika perlu, matikan api sementara krim diaduk-aduk.
5. Dalam keadaan krim masih hangat, ayak terigu dan maizena (bahan II) ke dalamnya. Aduk hingga rata. Masukkan kuning telur. Masukkan air jeruk. Pastikan semua bahan menyatu.
6. Setelah bahan I dan II menyatu, campurkan dengan bahan III. Aduk hingga rata benar. Tuang adonan ke dalam loyang.
7. Cek apakah loyang sudah cukup hangat. Air rendaman tidak perlu sampai mendidih, cukup sampai ada gelembung-gelembung kecil di dasar loyang. Letakan adonan loyang di atasnya.
8. Panggang selama 50 menit. Tes dengan tusuk gigi. Jika masih kurang matang, bisa tambahkan 5-10 menit lagi. Saat matang, permukaan cheese cake tetap kuning (tidak coklat) dan ada semu keemasan.
9. Dalam keadaan hangat, langsung balik adonan. Supaya tidak lengket, gunakan selembar serbet kering untuk membalik.
10. Penyelesaian : hangatkans selai aprikot dengan air matang di atas kompor (asal hangat dan bisa diaduk). Olesi permukaan cheese cake dengan selai. (klo saya pke butter cream yang dibuat sendiri dengan resep akal2an)

Catatan Olahan dan Hasil Olahannya :
1. Hasil olahan seehh sejauh ini oke,,,,adonan ngga ada gerindil-gerindil,,,,putih telur soft peak,,,,resep dan cara olah bener2 ngikutin step by step,,,,hmmm sayangnya mbakarnya yang kurang api sepertinya,,,padahal udah saya panggang sampe 120menit lhooo,,,tapi tetep koq dalemnya masih basah. Bisa jadi hal tersebut karena api yang digunakan adalah api kecil,,,kyknya harus api sedang,,,,maklum terbiasa pke double pan yg mngharuskan pke api kecil,,,jadinya pas pke Otang malah ikutan pke api kecil juga,,,,
2. Rasanya seehhh hmmm,,,,yummy,,,yup pastinya yummy,,,karena memang adonan yang dominannya adalah keju,,apalagi daku khan doyan keju xixixi,,,,,kue nya memang lembut banget kayak sponge,,,,klo mateng bener pasti tambah enak dehhh,,,,soalnya ktika aku ngerasain adonan paling atas dan bawah yang kering,,,rasanya enak dan wangi dari butternya kecium,,,,
3. btw setelah beberapa hari makan CCC ini,,,,rasanya malah seperti makan keju aja,,,,rasanya ngejuuu bangetz klo abis disimpen dari kulkas,,,,lebih enak klo makan cake ini dikit2 aja,,,coz klo banyak2,,eneg juga rasanya,,,xixixi
4. O iya,,,untuk cara pemanggangannya aku ga pake cara diatas, tapi aku pake cara Au Bain Marie akal-akalannya cakeFever.com. Caranya aku taro loyang berisi air di rak oven bawah, dan loyang adonan ditaro di oven rak atas. Cuman sayangnya itu,,,,matengnya luaaammaaa bo!,,,xixixi mungkin karena pake api kecil kali yaaa,,,

Berikut ini foto2 bahan kue dan hasil olahannya ya,,,,maaf ya sodara2, foto2 ini bener2 amatiran,,,ga pinter cara foto yang bagus xixixi,,,but it's ok lah, maksa dot com, amatiran or ngga amatiran,,,lanjuuuuttt aja ^_^
Ini dia bahan-bahannya,,,,,,,,,,,

Cara kocok putih telurnya


Kayak gini neeh,,,putih telur yang 'soft peak' itu (sebenernya ini juga
buat ngingetin dirikuh,,,,soalnya suka lupa)

Cara manggang Au Bain Marie Akal-akalannya ala cakefever

Au Bain Marie Akal-akalan pake Otang (Oven Tangkring)

Taraaaa,,,,,,cake yang udah jadi,,,,
padahal udah di panggang selama 120menit lhooo,,,tapi ga mateng2
(xixixi hasil tusuk sana tusuk sini nya ke potret,,,maklum di cek terus menerus seeh,,coz penasaran ga mateng2)

Slice cake
(Cakenya atasnya ga rata ya! soalnya pas dibalik untuk keluarin kue,
kue nya nempel di wadah,,,,jadinya tampilan yg terlihat kyk gini dech)

4 Oktober 2010

The gorgeous homeless Cat, I guess!!!






These pictures has taken 2 days ago, this cat has coming by to my house 3 or 4 times (I'm not sure how many times this cat has coming by through to my house). & I didn't know whose cat it is. But for the first impression, this cat already forced me to snaps him, cause this cat just look like a 'lion', I guess.

23 Agustus 2010

Gara-gara bakar umbul merah putih, si Bocah harus berurusan dengan polisi

Ahh,,,entahlah apa yg ada di dalam benak si bocah ketika itu, dia masih anak SMA kelas 1, iseng-iseng dia membakar umbul-umbul merah putih yang dipasang di depan Sekolah. Ditanya apakah ada unsur tertentu? apakah ada maksud tertentu dengan membakar umbul2 itu? si bocah hanya menjawab, “iseng aja”. Tak disangka, ternyata pihak sekolah melaporkan si bocah tersebut ke polisi, dengan disertai menyerahkan bukti umbul-umbul yang dibakar tersebut. Padahal pihak RT & RW setempat sudah berupaya untuk menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan, yaitu si bocah meminta maaf kepada pihak sekolah. Karena secara kebetulan, dan kebetulan sekali, umbul2 yang dia bakar itu adalah yang dipasang di depan Sekolah. Apes memang si bocah itu, umbul-umbul yang dibakar tak sengaja itu adalah yang ada di depan Sekolah.


Saya selaku penduduk setempat, merasakan keprihatinan terhadap apa yg dialami bocah tersebut. Apalagi bapak si bocah, jadi sakit dan sering pingsan karena urusan ini. Disamping itu saya juga mendengar klo bapaknya itu baru keterima kerja, tapi skr dia harus berhenti karena sakit dan harus mengurusi urusan anaknya. Saya berharap, semoga pihak sekolah mau mencabut laporannya? Bukan karena apa-apa saya mengharapkan hal itu, ya karena belas kasihan terhadap si bocah, si bocah yang tanpa sengaja, yang hanya sekedar iseng membakar umbul-umbul. Suatu tindakan kenakalan remaja yang biasa (menurut saya), sama seperti kenakalan-kenakalan lainnya. Mungkin bagi pihak sekolah, mereka merasa bahwa itu merupakan penghinaan terhadap Sekolah dan Negara Indonesia, apalagi kejadian itu terjadi tepat pada tanggal 17 agustus 2010, pukul 5 subuh.


Kadang saya juga berfikir, kenapa dia bisa iseng-iseng seperti itu, membakar umbul-umbul segala, trus umbul-umbul yang dibakarnya yang ada di depan sekolah pula, ada-ada aja tuh anak. Mungkin bagi si bocah hanya sebagai mainan aja dan seru-seru aja, lagipula si bocah hanya membakar umbul-umbul tersebut baru sedikit, ngga sampe abis, hanya sedikit bagian aja kebakar, itu pun ga banyak yang kebakar (menurut penuturan penduduk sekitar). Tapi ternyata dampak yg harus dia terima benar-benar tak terduga, kasihan ya, saya bener-bener prihatin dengan kejadian ini. Mengapa umbul-umbul menyebabkan seseorang harus berurusan dengan polisi, tidak bisakah urusan itu diselesaikan secara kekeluargaan? Bagaiman menurut kalian? Apakah si bocah memang pantas untuk menerima perlakukan seperti itu? Hanya karena iseng belaka tak ada unsur apa2, apakah si bocah pantas untuk diperkarakan ke polisi?

29 Juni 2010

Kondisi Perkeretaapian di Jakarta

Sebenernya transportasi menggunakan kereta api itu sangat menyenangkan, karena waktu keberangkatan sudah terjadual, jadi untuk para pekerja tidak akan mengalami keterlambatan masuk kerja, atau untuk para pelajar dan mahasiswa tidak akan mengalami keterlambatan masuk jam pelajaran, terkecuali jika ada kecelakaan kereta di salah satu rel yang akan dilewati, sudah pasti itu akan mengakibatkan keterlambatan masuk kerja or masuk jam pelajaran sekolah / kuliah. Bahkan bisa berjam-jam lho!!!

Pilih mana? Apakah naik kereta api lebih mengasyikan daripada naik bis/angkutan kota/kopaja?

Jika melihat dari segi waktu yang diperlukan bagi seorang pekerja, tentu saja kereta api menjadi pilihan utama untuk dijadikan alat transportasi yang akan mengantarkan seseorang ke tempat tujuan. Karena apa? Ya karena dengan menggunakan kereta, kita tidak akan mengalami kemacetan seperti yang dialami penumpang bis/kopaja khususnya diwaktu jam kerja. Jangan ditanya lagi, Jakarta sudah menjadi langganan kemacetan angkutan (bis/angkot) pada jam kerja berlangsung, baik ketika akan berangkat kerja atau ketika pulang kerja. Untuk menghindari kemacetan tersebut, banyak juga para pekerja yang mengambil waktu untuk pergi ke kantornya ketika matahari belum terbit dan pulang kerja ketika matahari sudah tenggelam. Naah untuk anda yang tidak ingin mengalami kemacetan di jalan, anda bisa melakukan alternative transportasi lain, salah satunya dengan menggunakan jasa kereta api.

Kelebihan menggunakan jasa Kereta Api

1. Waktu untuk menuju tempat tujuan tidak akan mengalami kendala, karena jalur kereta tidak ada istilah macet, kecuali untuk kasus khusus, klo ada kecelakaan kereta, itu tidak masuk hitungan.

2. Klo naik kereta ekonomi, irit ongkos. Bahkan ketika orang-orang sudah nyaman menggunakan kereta ekonomi, mereka akan setia menjadi pengguna kereta dan akan lekat dengan sebutan anak ‘Anker’ (baca : angker), istilah yang biasa akan disebutkan untuk para pengguna setia kereta api.

3. Klo kita berdiri di gerbong kereta karena ga kebagian tempat duduk, goyangan di kereta akan stabil jika dibandingkan dengan goyangan di kopaja, klo di kopaja kita musti pegang erat-erat, soalnya para pengemudi kopaja sering berhenti untuk menaikan dan menurunkan penumpang, so pasti lah klo kita ga berpegangan erat, kita bisa nyelonong jatuh ke depan or ke belakang. Klo dibandingkan di kereta, paling juga kita harus berpegangan erat ketika kereta mendekati stasiun untuk berhenti.

4. Bagi anda yang mempunyai penghasilan lumayan, anda bisa menggunakan fasilitas kereta eksekutif atau bisnis ekonomi. Lumayan seeh ongkosnya, sekali jalan anda harus mengeluarkan uang sebanyak 11.000 rupiah untuk jalur depok-kota. Atau jika anda ingin naik bisnis ekonomi, anda hanya mengeluarkan uang sebesar 6000 rupiah, tapi tidak tau klo skr jadi berapa ya, mungkin bisa kurang atau lebih.

Kerugian menggunakan jasa angkutan kereta api

Selain keuntungan yang didapat dari penggunaan jasa angkutan kereta api ini, perkeretaapian tak akan luput dari kerugian yang dialami para pengguna jasa.

1. Menggunakan jasa kereta api tidak lebih beruntung dari menggunakan jasa angkutan bis, pasalnya para pengguna yang menggunakan jasa kereta ini memiliki penumpang lumayan banyak/malah bisa dibilang berlebih, apalagi untuk penumpang KRL Ekonomi. Jika anda sering melihat di tv atau pemberitaan mengenai banyaknya penumpang sampai berjubel, hal itu merupakan pemandangan yang biasa jika anda berada di Jakarta. Walaupun pihak PT. KAI sudah mengintruksikan kepada para penumpang agar tidak naik ke atas gerbong kereta, hal itu tidak menggentarkan mereka, bahkan aturan itu berlaku hanya sesaat dan diawal-awal aturan itu berlaku, tapi sekarang sepertinya sudah tidak berlaku, buktinya saya masih bisa melihat pemandangan orang2 yang bertengger dengan tenangnya di atas gerbong kereta.

2. Mungkin bagi anda yang terbiasa naik kopaja, anda merasa lebih aman naik kopaja klo dilihat dari segi keamanan anda. Yup, memang tak bisa dipungkiri, saya juga pernah mengalami hal itu. Saya tidak berkeinginan naik kereta karena sering mendengar kejadian-kejadian buruk yang terjadi pada para penumpang, kejadian dicopetlah, atau distasiun banyak para premannya, etc. Tapi klo dilihat dari setiap kejadian, baik naik kereta atau bis, kejadian-kejadian buruk bisa saja terjadi. Kita berfikir bahwa menggunakan bis aman, tapi kita juga sudah banyak mendengar klo di bis juga sering terjadi pencopetan. Berarti sama saja khan? mau naik kereta or naik bis, klo masalah keamanan, dua-duanya belum terjamin. So, buat anda-anda yang takut untuk naik kereta, hilangkan ketakutan itu. Dan mulailah untuk mencoba naik kereta, karena klo masalah ketidaknyamanan bisa terjadi dimana saja, yang terpenting yang sebaiknya kita lakukan yaitu selalu waspada di setiap perjalanan kita.

7 Mei 2010

Pop Corn

Asian Popcorn

Citarasanya gurih dengan rempah-rempah yang tajam.

Bahan:
kecap asin
bubuk five spice
sedikit ketumbar bubuk
bawang putih bubuk

Cara Mengolah:

Olah popcorn seperti biasa. Campur semua bahan tersebut menjadi satu dengan jagung mentega. Jangan kuatir, semua bumbu bisa Anda beli di supermarket terkenal.

Italian Popcorn
Masukkan jagung dan mentega, lalu tambahkan bubuk oregano, bubuk cabai, keju parmesan atau keju parut lainnya. Panaskan dalam alat pengolah popcorn atau dalam microwave selama 10 menit. Angkat dan hidangkan selagi hangat.

Orange Popcorn
Biasanya citarasa popcorn ini banyak disukai anak-anak, rasa jeruk segar dan manis. Cobalah tambahkan sedikit bubuk orange dan parutan kulit jeruk kering. Agar tambah lezat campur dengan sedikit gula. Olah seperti biasanya.

Classic Popcorn
Tambahkan gula, bubuk kayu manis, parutan kulit jeruk kering, dan bubuk kacang. Pilih bubuk kacangnya yang halus agar dapat menempel dengan sukses pada permukaan pop
corn.

Reference :

bankresep.wordpress.com

23 April 2010

Delapan Kebohongan Seorang Ibu dalam Hidupnya

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita percaya bahwa kebohongan akan membuat manusia terpuruk dalam penderitaan yang mendalam, tetapi kisah
ini justru sebaliknya. Dengan adanya kebohongan ini, makna sesungguhnya dari kebohongan ini justru dapat membuka mata kita dan
terbebas dari penderitaan, ibarat sebuah energi yang mampu mendorong mekarnya sekuntum bunga yang paling indah di dunia.

Cerita bermula ketika aku masih kecil, aku terlahir sebagai seorang anak laki-laki di sebuah keluarga yang miskin. Bahkan untuk makan
saja, seringkali kekurangan. Ketika makan, ibu sering memberikan porsi nasinya untukku.
Sambil memindahkan nasi ke mangkukku, ibu berkata :
"Makanlah nak, aku tidak lapar" ---------- KEBOHONGAN IBU YANG PERTAMA

Ketika saya mulai tumbuh dewasa, ibu yang gigih sering meluangkan waktu senggangnya untuk pergi memancing di kolam dekat rumah, ibu
berharap dari ikan hasil pancingan, ia bisa memberikan sedikit makanan bergizi untuk petumbuhan. Sepulang memancing, ibu memasak sup ikan
yang segar dan mengundang selera. Sewaktu aku memakan sup ikan itu, ibu duduk disamping gw dan memakan sisa daging ikan yang masih
menempel di tulang yang merupakan bekas sisa tulang ikan yang aku makan. Aku melihat ibu seperti itu, hati juga tersentuh, lalu
menggunakan sumpitku dan memberikannya kepada ibuku.
Tetapi ibu dengan cepat menolaknya, ia berkata : "Makanlah nak, aku tidak suka makan ikan" ---------- KEBOHONGAN IBU YANG KEDUA

Sekarang aku sudah masuk SMP, demi membiayai sekolah abang dan kakakku, ibu pergi ke koperasi untuk membawa sejumlah kotak korek api
untuk ditempel, dan hasil tempelannya itu membuahkan sedikit uang untuk menutupi kebutuhan hidup. Di kala musim dingin tiba, aku bangun
dari tempat tidurku, melihat ibu masih bertumpu pada lilin kecil dan dengan gigihnya melanjutkan pekerjaannya menempel kotak korek api. Aku
berkata :"Ibu, tidurlah, udah malam, besok pagi ibu masih harus kerja."
Ibu tersenyum dan berkata :"Cepatlah tidur nak, aku tidak capek" ---------- KEBOHONGAN IBU YANG KETIGA

Ketika ujian tiba, ibu meminta cuti kerja supaya dapat menemaniku pergi ujian. Ketika hari sudah siang, terik matahari mulai menyinari,
ibu yang tegar dan gigih menunggu aku di bawah terik matahari selama beberapa jam. Ketika bunyi lonceng berbunyi, menandakan ujian sudah
selesai. Ibu dengan segera menyambutku dan menuangkan teh yang sudah disiapkan dalam botol yang dingin untukku. Teh yang begitu kental
tidak dapat dibandingkan dengan kasih sayang yang jauh lebih kental. Melihat ibu yang dibanjiri peluh, aku segera memberikan gelasku untuk
ibu sambil menyuruhnya minum. Ibu berkata :"Minumlah nak, aku tidak haus!" ---------- KEBOHONGAN IBU YANG KEEMPAT

Setelah kepergian ayah karena sakit, ibu yang malang harus merangkap sebagai ayah dan ibu. Dengan berpegang pada pekerjaan dia yang dulu,
dia harus membiayai kebutuhan hidup sendiri. Kehidupan keluarga kita pun semakin susah dan susah. Tiada hari tanpa penderitaan. Melihat
kondisi keluarga yang semakin parah, ada seorang paman yang baik hati yang tinggal di dekat rumahku pun membantu ibuku baik masalah besar
maupun masalah kecil. Tetangga yang ada di sebelah rumah melihat kehidupan kita yang begitu sengsara, seringkali menasehati ibuku untuk
menikah lagi. Tetapi ibu yang memang keras kepala tidak mengindahkan nasehat mereka,
ibu berkata : "Saya tidak butuh cinta" ----------KEBOHONGAN IBU YANG KELIMA

Setelah aku, kakakku dan abangku semuanya sudah tamat dari sekolah dan bekerja, ibu yang sudah tua sudah waktunya pensiun. Tetapi ibu tidak
mau, ia rela untuk pergi ke pasar setiap pagi untuk jualan sedikit sayur untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kakakku dan abangku yang
bekerja di luar kota sering mengirimkan sedikit uang untuk membantu memenuhi kebutuhan ibu, tetapi ibu bersikukuh tidak mau menerima uang
tersebut. Malahan mengirim balik uang tersebut. Ibu berkata : "Saya punya duit" ----------KEBOHONGAN IBU YANG KEENAM

Setelah lulus dari S1, aku pun melanjutkan studi ke S2 dan kemudian memperoleh gelar master di sebuah universitas ternama di Amerika
berkat sebuah beasiswa di sebuah perusahaan. Akhirnya aku pun bekerja di perusahaan itu. Dengan gaji yang lumayan tinggi, aku bermaksud
membawa ibuku untuk menikmati hidup di Amerika. Tetapi ibu yang baik hati, bermaksud tidak mau merepotkan anaknya,
ia berkata kepadaku "Aku tidak terbiasa" ----------KEBOHONGAN IBU YANG KETUJUH

Setelah memasuki usianya yang tua, ibu terkena penyakit kanker lambung, harus dirawat di rumah sakit, aku yang berada jauh di
seberang samudra atlantik langsung segera pulang untuk menjenguk ibunda tercinta. Aku melihat ibu yang terbaring lemah di ranjangnya
setelah menjalani operasi. Ibu yang keliatan sangat tua, menatap aku dengan penuh kerinduan. Walaupun senyum yang tersebar di wajahnya
terkesan agak kaku karena sakit yang ditahannya. Terlihat dengan jelas betapa penyakit itu menjamahi tubuh ibuku sehingga ibuku terlihat
lemah dan kurus kering. Aku sambil menatap ibuku sambil berlinang air mata. Hatiku perih, sakit sekali melihat ibuku dalam kondisi seperti
ini. Tetapi ibu dengan tegarnya berkata : "angan menangis anakku,Aku tidak kesakitan" ----------KEBOHONGAN IBU YANG KEDELAPAN.

Setelah mengucapkan kebohongannya yang kedelapan, ibuku tercinta menutup matanya untuk yang terakhir kalinya.

Dari cerita di atas, saya percaya teman-teman sekalian pasti merasa tersentuh dan ingin sekali mengucapkan : " Terima kasih ibu ! "
Coba dipikir-pikir teman, sudah berapa lamakah kita tidak menelepon ayah ibu kita? Sudah berapa lamakah kita tidak menghabiskan waktu kita
untuk berbincang dengan ayah ibu kita? Di tengah-tengah aktivitas kita yang padat ini, kita selalu mempunyai beribu-ribu alasan untuk
meninggalkan ayah ibu kita yang kesepian. Kita selalu lupa akan ayah dan ibu yang ada di rumah.

Jika dibandingkan dengan pacar kita, kita pasti lebih peduli dengan pacar kita. Buktinya, kita selalu cemas akan kabar pacar kita, cemas
apakah dia sudah makan atau belum, cemas apakah dia bahagia bila di samping kita.
Namun, apakah kita semua pernah mencemaskan kabar dari ortu kita? Cemas apakah ortu kita sudah makan atau belum? Cemas apakah ortu kita
sudah bahagia atau belum? Apakah ini benar? Kalau ya, coba kita renungkan kembali lagi..
Di waktu kita masih mempunyai kesempatan untuk membalas budi ortu kita, lakukanlah yang terbaik. Jangan sampai ada kata "MENYESAL" di kemudian hari.

Referensi :
Didapat dari email seorang teman,,,,,

19 April 2010

Saran Redam Hasrat Menyantap Makanan

KOMPAS.com — Ada indikasi bahwa wanita yang kelebihan berat badan cenderung lebih ingin mengonsumsi makanan berlemak yang manis, seperti es krim. Sepertinya apa saja akan dilakukan asal dapat terus makan es krim, permen, serta segala yang manis dan lezat.

Untuk mengatasi keinginan seperti itu, ikuti saran berikut ini:
1. Porsi kecil. Makanlah dengan porsi kecil dan jarak makan yang teratur. Idealnya antara dua dan empat jam. Cara ini dapat menghentikan keinginan makan kudapan yang manis dan berlemak.

2. Lebih banyak protein, sedikit lemak. Aturlah makanan sehari-hari supaya mengandung lebih banyak protein dan sedikit lemak. Sering kali perempuan berusaha membatasi lemak sehingga tidak cukup mendapatkan protein. Akibatnya, timbul rasa lapar dan keinginan makan lagi. Protein didapat dari produk susu, seperti susu skim dan yogurt tanpa lemak, serta daging sapi, ayam, ikan, selai kacang, telur, tahu, dan tempe.
3. Bersikap rileks. Stres dapat menimbulkan keinginan makan karbohidrat. Bila Anda merasa sedang stres, cobalah lakukan rileksasi atau bergabung dengan kelas yang mengajarkan manajemen stres.

4. Olahraga. Kurang olahraga dapat menyebabkan stres. Karena itu, pastikan bahwa Anda secara teratur berolahraga.

5. Jangan melewatkan waktu makan atau membatasi kalori. Membatasi kalori terlalu ketat menyebabkan perasaan kelaparan. Makanlah ketika merasa lapar dan saat jam makan tiba. Sebaiknya dalam sehari Anda paling tidak makan 1.600 kalori.

6. Istirahat cukup. Bila terlalu sibuk sehingga tidak punya waktu cukup untuk tidur, cobalah atur kembali jadwal Anda. Namun, kalau sudah cukup tidur tapi tidak merasa segar, bicarakan ini dengan dokter Anda. Bisa jadi itu tanda stres, kurang olahraga, atau gangguan kesehatan lain. Orang yang mengalami kelelahan kronis cenderung makan karbohidrat berlebihan.

7. Makan karbohidrat secukupnya. Pastikan karbohidrat yang dikonsumsi cukup bergizi. Buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian mengandung vitamin dan mineral esensial seperti halnya karbohidrat. Ini lebih baik daripada mengudap permen dan makanan lain yang miskin gizi.

8. Batasi kafein. Bila Anda minum lebih dari dua cangkir kopi atau dua kaleng soda setiap hari, cobalah mengurangi. Kafein membuat Anda ingin makan lebih banyak gula.

Referensi :
http://nasional.kompas.com/read/2009/12/28/16405573/8.saran.redam.hasrat.menyantap.makanan.manis

8 April 2010

Awali Hari Anda dengan Sarapan

Pagi hari yang sibuk adalah hal biasa yang dialami oleh para karyawan khususnya di daerah perkotaan. Lalu lintas yang macet membuat sedikit waktu adalah hal berharga agar tidak terlambat sampai di kantor. Akibatnya, karena tergesa-gesa, banyak orang yang pergi ke kantor tanpa sarapan. Ada beberapa alasan mengapa seseorang tidak memulai harinya dengan sarapan. Atau ada juga yang menganggap makan pagi atau sarapan kurang penting, bahkan merupakan salah satu cara untuk mengurangi berat badan dengan mengurangi masuknya makanan di pagi hari. Sebenarnya, apakah memang penting untuk mengawali hari dengan sarapan? Bagaimana menyiasati agar Anda dapat secara rutin melakukan sarapan? Apa menu sarapan yang sehat untuk tubuh?

Manfaat Sarapan

Sarapan atau makan pagi penting untuk dilakukan. Alasannya karena saat tidur selama kurang lebih 8 jam tubuh kita tidak ada makanan yang masuk dalam tubuh sedangkan aktivitas seperti bernafas, bergerak atau aktivitas ringan lain tetap berjalan. Akibatnya kadar gula dalam tubuh sangat rendah. Sedangkan pagi hari aktivitas fisik mulai berjalan, seperti melakukan perjalanan ke kantor, berpikir atau perlunya konsentrasi agar dapat melakukan kegiatan dengan baik. Semua ini memerlukan adanya energi dan energi didapatkan dari makanan yang disantap.

Dengan menyantap makanan yang baik, akan membuat tubuh akan merasa kenyang dan akan membangkitkan semangat untuk melakukan aktivitas. Anda tidak akan merasa lesu atau disibukkan oleh perut yang kelaparan. Sarapan yang sehat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Secara emosi, sarapan dapat menjadi tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga, saling bercerita, berkomunikasi dan mendekatkan diri secara emosi. Ini merupakan hal yang baik untuk menciptakan keluarga yang harmonis.


Mengapa Tidak Sarapan?

Tetapi, walau menyadari pentingnya sarapan. Ada orang yang merasa enggan melakukannya karena beberapa alasan. Misalnya:

* Diburu waktu, agar tidak terlambat sampai di kantor, seseorang melewatkan sarapan atau hanya minum susu atau kopi sebagai sarapannya. Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya Anda bangun lebih pagi. Agar tidak merasa mengantuk saat bangun pagi, Anda harus tidur lebih awal. Mendisiplin diri agar tidak tergoda untuk menonton TV atau berinternet yang dapat membuat kita terjaga sampai larut malam.
* Takut gemuk. Mengurangi jatah masuknya makanan di pagi hari dapat membuat kita terlihat langsing. Pendapat ini salah besar karena justru tanpa sarapan, kalori yang disantap bisa lebih banyak. Tanpa sarapan, metabolisme tubuh dan pembakaran lemak dalam tubuh akan menurun sehingga nafsu makan siang akan meningkat. Tubuh yang terasa lapar dapat membuat Anda mencari cemilan sehingga kalori yang masuk dalam tubuh meningkat.
* Tidak terbiasa, merasa mual atau sakit perut bila makan di pagi hari. Anda harus menanamkan dalam pikiran untuk bersungguh-sungguh membiasakan diri sarapan agar tetap sehat. Coba untuk tidak langsung sarapan setelah bangun tidur tetapi berikan jeda waktu antara 1-2 jam setelah bangun baru menyantap sarapan Anda. Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan tidak lengsung menghabiskan sarapan, tetapi membaginya dalam beberapa porsi kecil yang dapat disantap sepanjang pagi. Pastikan agar kemasan tidak rusak yang dapat menyebabkan makanan menjadi rusak.
* Bosan atau tidak nafsu untuk menyantap sarapan. Solusinya adalah dengan membuat menu sarapan bervariasi tidak hanya nasi goreng, roti selai, telur dadar atau menu lain yang hanya itu-itu saja. Memang hal ini tidak mudah, karena mungkin Anda yang bekerja, Anda bisa terlambat ke kantor bila harus menyiapkan makanan yang repot. Tetapi Anda dapat mencoba mempersiapkan bahan makanan untuk sarapan pada malam hari. Esoknya, Anda tinggal menyelesaikan makanan dengan memasak yang akan menghemat waktu. Dengan meyediakan waktu lebih banyak, manfaat yang bisa didapat lebih banyak pula.


Menu Sarapan

Sarapan sudah dilakukan setiap hari. Tetapi, apakah menu makan pagi Anda sudah sehat? Banyaknya kalori yang sebaiknya masuk dalam tubuh kita waktu sarapan adalah sebanyak 300-400 kalori. Makanan yang dianjurkan untuk sarapan adalah menu yang cukup gizinya, menu yang sesuai dengan “Empat Sehat Lima Sempurna”, yang 3 diantaranya adalah terdiri dari karbohidrat, protein, susu, sereal. Pilihan lain adalah dengan minum jus buah, 2 porsi buah besar, susu atau susu rendah lemak.

Karena waktu yang hanya sedikit, para karyawan sering sarapan setelah sampai di kantor. Sisi negatif dari membeli makanan adalah kita tidak tahu sampai sejauh mana kebersihan makanan tersebut. Untuk menghindari penyakit akibat makanan yang kotor, upayakan untuk memilih mengkonsumsi makanan yang sehat yang mengandung kandungan gizi yang cukup. Pilih makanan dalam kemasan yang tertutup agar dapat dipastikan makanan tersebut tidak dihinggapi lalat atau nyamuk yang membawa bibit peyakit.

Upayakan juga untuk menghindari makanan yang kurang sehat atau yang berminyak di menu sarapan yang dibeli. Misalnya Anda dapat menghindari mengkonsumsi jeroan saat bersantap bubur. Hindari santan saat menikmati bubur kacang hijau, hindari kerupuk saat bersantap nasi atau saat makan ketoprak. Tetapi, jangan lupa untuk tidak membiasakan diri dengan bersantap gorengan sebagai menu sarapan pagi karena kalori yang tinggi dan penggunaan minyak goreng yang kurang baik.

Kini, tidak ada alasan lagi untuk memulai hari tanpa sarapan karena ternyata ada banyak manfaat yang bisa didapat bila kita sarapan sehat secara rutin. Hal ini juga dapat dilatih pada anak-anak agar mereka terbiasa untuk sarapan yang akan memberikan energi bagi mereka untuk mengikuti kegiatan sekolah yang padat, membantunya berkonsentrasi dan memahami pelajaran yang diberikan. Maka, upayakan untuk menyediakan menu sarapan yang sehat dan lezat yang akan dinikmati seluruh anggota keluarga.

Referensi :
http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/208-awali-hari-dengan-sarapan.html

7 April 2010

Tidak Ada Alasan untuk Tidak Berolahraga

Semua tahu bahwa kita perlu sekali berolah raga secara rutin untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Namun, orang banyak sekali memiliki alasan untuk menghindarinya. American Diabetes Association menampik semua alasan tersebut dan memberikan solusi bagaimana agar kita dapat melaksanakan olah raga secara rutin.

Tidak punya waktu
Banyak orang yang menghindari olah raga karena padatnya jadwal kegiatan sehari-hari. Cobalah berolah raga hanya dengan 10 menit sehari. 10 menit tentunya bukanlah waktu yang panjang yang akan menghabiskan hari Anda. Lama-kelamaan, Anda akan merasa bahwa 10 menit itu kurang. Anda dapat memperpanjang durasi waktu berolah raga Anda menjadi 15, 30 ataupun 1 jam.

Malas dan lelah setelah seharian bekerja
Apabila Anda merasa lelah setelah seharian beraktivitas, Anda dapat meletakkan jadwal olah raga Anda di pagi hari ataupun ketika istirahat makan siang.

Tidak punya pakaian khusus olah raga
Anda tidak perlu pakaian khusus untuk berolah raga. Pilih pakaian apapun yang terasa nyaman untuk bergerak dan melakukan aktivitas fisik. Beberapa olah raga di dalam rumah juga tidak memerlukan sepatu khusus untuk berolah raga.

Malu untuk berolah raga
Apabila Anda merasa malu, Anda dapat melakukan olah raga sendiri di rumah. Lompat tali, push up, sit up, ataupun sambil menonton video aerobik.

Takut badan sakit atau pegal
Lakukan olah raga secara bertahap dan perlahan. Mulailah dengan olah raga yang ringan dan jangan lupa untuk melakukan peregangan atau pemanasan dan pendinginan.

Cuaca buruk
Olah raga tidak perlu dilakukan di luar rumah. Aktivitas fisik juga dapat dilakukan di dalam ruangan. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi pusat kebugaran yang seperti tempat fitness ataupun kolam renang indoor.

Bosan berolah raga
Hindari kebosanan berolah raga dengan memberikan variasi pada jenis olah raga yang Anda lakukan. Dengan begitu, berolah raga akan terasa lebih menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama-sama dengan teman.


Tidak punya uang
Olah raga tidak selalu membutuhkan biaya. Anda dapat melakukan jalan kaki, jogging, ataupun mungkin latihan beban menggunakan barang-barang yang ada di rumah Anda.

Punya alasan lain kenapa Anda tidak berolah raga?

Referensi :
o> Health Tip: Why Don't You Exercise?
o> http://gigisehatbadansehat.blogspot.com/2009/10/tidak-ada-alasan-untuk-tidak-berolah.html

5 April 2010

Konsumsi Gula Secara Seimbang

Kumpulan.info - Efek negatif dari gula yang sering ditakuti adalah penyakit kencing manis atau diabetes khususnya diabetes melitus tipe dua. Penyakit ini disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat misalnya terlalu banyak mengkonsumsi gula. Kelebihan gula juga dapat mengakibatkan naiknya berat badan bahkan obesitas yang dapat menimbulkan berbagai penyakit. Efek lainnya adalah mudah lelah, sering mengantuk dan sulit berkonsentrasi. Sedangkan orang yang kekurangan gula akan terlihat kurus, lemas akibat kekurangan energi, kekurangan gizi sehingga mudah sakit.

Gula didapat bukan hanya dari makanan manis, karena makanan seperti nasi, roti, kentang, dan mie memiliki kandungan gula. Begitu juga dalam lauk-pauk dan buah seperti pisang, semangka atau melon. Gula yang berasal dari makanan ini termasuk dalam karbohidrat kompleks. Sedangkan gula yang terdapat dalam gula pasir, sirop dan sejenisnya termasuk dalam kelompok karbohirat sederhana. Minuman bersoda juga merupakan salah satu penyumbang gula bagi tubuh bila Anda terlalu sering mengkonsumsinya. Tidaklah mungkin menghindari gula karena gula adalah salah satu jenis karbohidrat. Dan seperti yang sudah diketahui, karbohidrat ini sangat diperlukan untuk menghasilkan energi yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Maka, yang terpenting adalah bagaimana mengkonsumsi gula secara seimbang agar tidak membahayakan tubuh.

Berapa Banyak Gula yang Boleh Dikonsumsi?

Mengkonsumsi gula secara seimbang berarti Anda harus mengatur agar karbohidrat yang masuk dalam tubuh seimbang dengan energi yang dikeluarkan. Energi yang dikeluarkan orang tidak sama, karena bergantung pada usia, barat badan dan aktivitas yang dilakukan. Jumlah rata-rata energi yang diperlukan adalah antara 1.500 Kkal (kilo kalori) untuk orang dengan aktivitas ringan sampai 1.800 Kkal (kilo kalori) bila melakukan aktivitas sedang. Angka ini juga termasuk energi yang diperoleh dari lemak dan protein.

Karena gula tidak hanya diperoleh dari makanan berkabohidrat, maka agar tetap seimbang maka jumlah karbohidrat yang dapat dikonsumsi adalah 40% hingga 50% untuk karbohidrat kompleks, dan sisanya 10% hingga 15% untuk konsumsi karbohidrat sederhana. Singkatnya, seperti tabel berikut:

Gula

Aktivitas Ringan Aktivitas Sedang
Kebutuhan Energi 1.500 Kkal 1.800 Kkal
Konsumsi gula kompleks yang diperbolehkan (40% - 50 %) 600 Kkal – 750 Kkal 720 Kkal – 900 Kkal
Konsumsi Gula sederhana yang diperbolehkan (10% - 15%) 150 Kkal – 225 Kkal 180 Kkal – 270 Kkal

Anda tergolong orang dengan aktivitas ringan bila dalam pekerjaan Anda lebih sering duduk, melakukan pekerjaan rumah yang tidak terlalu berat dan berolahraga 1 minggu sekali.

Anda juga harus tetap memperhatikan jumlah gula yang terkandung dalam protein dan gula agar tidak berlebihan. Agar tidak merasakan lapar karena mengurangi jumlah karbohidrat, sebaiknya Anda lebih sering makan dengan porsi kecil daripada makan langsung dalam porsi besar. Cara ini dapat mengatasi rasa lapar.

Tubuh akan menjadi sehat bila Anda mampu mengontrol keseimbangan antara energi yang masuk melalui makanan dan minuman dengan energi yang dikeluarkan melalui berbagai kegiatan fisik. Dan tentu saja, ini termasuk berlaku seimbang saat Anda mengkonsumsi berbagai produk yang mengandung gula.

sumber URL: http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/180-makan-gula-secara-seimbang.html

1 April 2010

Variasikan Olahraga Jalan Kaki Anda

Apakah anda merasa olahraga jalan kaki yang anda lakukan tidak berdampak maksimal? Berikut ini tips yang bisa dilakukan dalam melakukan olahraga jalan kaki selama 1 minggu. Kamu bisa lakukan mix and match latihan berikut. Dalam 1 minggu sebaiknya mencakup Economy Workout untuk membentuk kecepatan, dua hari Threshold workout untuk membangun performa erobik, dan 1 hari lakukan olahraga yang panjang (Long Distance). Diantara olahraga yang dilakukan ini harus terdapat 1 hari istirahat atau 1 hari jalan santai untuk pemulihan. Berikut ini merupakan jadual workout selama 1 minggu yang bermanfaat untuk kesehatan jantung :

Senin : Rest Day. Tidak ada aktifitas olahraga jalan kaki yang signifikan.

Selasa : Economy Workout. Pemanasan selama 10 menit dengan cara berjalan santai. Kemudian jalan cepat, secepat yang kamu bisa selama 30 detik atau sepanjang 200 meter. Setelah 30 detik, jalan perlahan selama 2 menit. Ulangi jalan cepat selama 30 detik, setiap 2 menit istirahat, lakukan sampai 8 atau 12 kali. Kemudian jalan santai / pendinginan selama 10 menit.

Rabu : Recovery. Atau bisa lakukan jalan santai sepanjang 3 mil (max hearth rate = 65 – 70 %).

Kamis : Treshold Workout #1 Speed. Pemanasan selama 10 menit dengan berjalan santai. Kemudian jalan cepat selama 8 menit atau 1 km (max hearth rate = 85 – 92 %). kemudian jalan santai selama 2 menit. Ulangi sebanyak 3 atau 4 kali. Pendinginan selama 10 menit.

Jum’at : Recovery. Atau bisa jalan santai sepanjang 3 mil (max hearth rate = 65-70%)

Sabtu : Treshold Workout #2. Lakukan pemanasan selama 10 menit. Jalan cepat selama 20 sampai 30 menit (max hearth rate = 85%), kemudian lakukan pendinginan selama 10 menit.

Minggu : Distance Workout. Jalan sepanjang 8 sampai 12 km / 5 sampai 7 mil (max hearth rate = 70-75%).

Artikel ini diadaptasi dari :
http://walking(dot)about(dot)com/cs/fitnesswalking/a/walkworkouts.htm

18 Maret 2010

Makaroni Schotel Double Pan

Sebenernya tulisan ini sudah dibuat beberapa bulan yang lalu,,,tp ya copas aja dech ke sini ^_^

Bingung juga, setelah operasi pencabutan gigi, saya hrs memakan makanan yang lembek2, hmmm jadi kepikiran, katanya makaroni itu bagus untuk tubuh, bisa menjadi pengganti makan, karena dalam makaroni schotel sudah berisi gizi yang cukup untuk tubuh, karena mengandung protein yang cukup besar. Akhirnya saya berusaha untuk mencari resep makaroni dengan cara search di Mr. Google, akhirnya saya mendapatkannya juga, tapi selain itu, saya lakukan sedikit improvisasi sesuai dengan pengalaman teh ari yang pernah membuat makaroni schotel sebelumnya. Berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan untuk di rebus :

250 gr Makaroni

3 ltr Air

1 sdt Garam

1 sdm Minyak/Mentega

Air es untuk meniriskan Makaroni

Bahan untuk ditumis :

3/4 Kaleng Kornet

1 sdm Garam / atau sesuai selera

1 buah Bawang Bombay, cincang halus

2 / 3 siung Bawang Putih, cincang halus

3 batang Daun Bawang, rajang halus

3 batang Daun Seledri, rajang halus

1 sdt Merica Bubuk / atau sesuai selera

1/2 Pala, haluskan / atau sesuai selera

2 sdm Margarin untuk menumis

1 sdt Gula Putih

2 sdm Tepung Terigu

50 cc Air / atau secukupnya

Bahan yang Tidak ditumis dan direbus :

1 Kaleng Kornet

5 buah Telur

Cara Membuat :

1. Masukkan makaroni ke dalam wadah yang berisi 3 ltr air, masukkan garam, masukkan sedikit mentega/minyak goreng agar makaroni tidak lengket, gunakan api sedang, rebus kurang lebih 8menit agar makaroninya tidak terlalu lembek.

2. Guyur dengan air es, kemudian tiriskan.

3. Tumis bawang putih, bawang bombay, daun bawang, seledri, sampai harum. Kemudian masukkan garam, merica, pala, daging kornet, dan sedikit gula, aduk-aduk sampai rata. Kemudian masukkan terigu dan sedikit air, sampai licin. Jika sudah tercampur rata, angkat.

4. Masukkan telur dalam wadah, kocok lepas, masukkan makaroni yang sudah di rebus, susu cair, masukkan bumbu dan kornet yang telah ditumis (Poin 3), aduk rata.

5. Panaskan Double Pan, olesi dengan sedikit mentega.

6. Masukkan Makaroni Schotel ke dalam Double Pan, kemudian taburi dengan parutan keju.

7. Panggang Makaroni Schotel dengan menggunakan api sedang kurang lebih 45 menit.

8. Sajikan.

Taraaaa,,,jadi deh makaroni nya, akhirnya saya bisa makan makaroninya yang lembut, hmmm ternyata yummy juga, walaoupun sebenernya ini adalah pengalaman pertama saya membuat makaroni, tapi akhirnya berhasil juga buat makaroni schotel nya,,,hehehe,,jadi kepengen lagi untuk buat.