Halaman

18 Maret 2010

Makaroni Schotel Double Pan

Sebenernya tulisan ini sudah dibuat beberapa bulan yang lalu,,,tp ya copas aja dech ke sini ^_^

Bingung juga, setelah operasi pencabutan gigi, saya hrs memakan makanan yang lembek2, hmmm jadi kepikiran, katanya makaroni itu bagus untuk tubuh, bisa menjadi pengganti makan, karena dalam makaroni schotel sudah berisi gizi yang cukup untuk tubuh, karena mengandung protein yang cukup besar. Akhirnya saya berusaha untuk mencari resep makaroni dengan cara search di Mr. Google, akhirnya saya mendapatkannya juga, tapi selain itu, saya lakukan sedikit improvisasi sesuai dengan pengalaman teh ari yang pernah membuat makaroni schotel sebelumnya. Berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan untuk di rebus :

250 gr Makaroni

3 ltr Air

1 sdt Garam

1 sdm Minyak/Mentega

Air es untuk meniriskan Makaroni

Bahan untuk ditumis :

3/4 Kaleng Kornet

1 sdm Garam / atau sesuai selera

1 buah Bawang Bombay, cincang halus

2 / 3 siung Bawang Putih, cincang halus

3 batang Daun Bawang, rajang halus

3 batang Daun Seledri, rajang halus

1 sdt Merica Bubuk / atau sesuai selera

1/2 Pala, haluskan / atau sesuai selera

2 sdm Margarin untuk menumis

1 sdt Gula Putih

2 sdm Tepung Terigu

50 cc Air / atau secukupnya

Bahan yang Tidak ditumis dan direbus :

1 Kaleng Kornet

5 buah Telur

Cara Membuat :

1. Masukkan makaroni ke dalam wadah yang berisi 3 ltr air, masukkan garam, masukkan sedikit mentega/minyak goreng agar makaroni tidak lengket, gunakan api sedang, rebus kurang lebih 8menit agar makaroninya tidak terlalu lembek.

2. Guyur dengan air es, kemudian tiriskan.

3. Tumis bawang putih, bawang bombay, daun bawang, seledri, sampai harum. Kemudian masukkan garam, merica, pala, daging kornet, dan sedikit gula, aduk-aduk sampai rata. Kemudian masukkan terigu dan sedikit air, sampai licin. Jika sudah tercampur rata, angkat.

4. Masukkan telur dalam wadah, kocok lepas, masukkan makaroni yang sudah di rebus, susu cair, masukkan bumbu dan kornet yang telah ditumis (Poin 3), aduk rata.

5. Panaskan Double Pan, olesi dengan sedikit mentega.

6. Masukkan Makaroni Schotel ke dalam Double Pan, kemudian taburi dengan parutan keju.

7. Panggang Makaroni Schotel dengan menggunakan api sedang kurang lebih 45 menit.

8. Sajikan.

Taraaaa,,,jadi deh makaroni nya, akhirnya saya bisa makan makaroninya yang lembut, hmmm ternyata yummy juga, walaoupun sebenernya ini adalah pengalaman pertama saya membuat makaroni, tapi akhirnya berhasil juga buat makaroni schotel nya,,,hehehe,,jadi kepengen lagi untuk buat.

4 komentar:

  1. sayang ga ada fotonya jd cuma bisa mbayangin hehe...
    kunjungan balik nih ceu :)

    BalasHapus
  2. @ mba ratna : maaf neeh mba,,,baru kebaca comment nya,,,,iya blom saya foto hasil uji coba makanannya,,,nanti ktika saya buat macaroni lgi,,,insyaAlloh di post kan fotonya :D

    BalasHapus
  3. mantap neih mbak,mohon ijin utk buat sesuai resep ini ya. Sering2 posting dunk, ttg resep pake double pan... Saya baru beli double pan jg, tp bingung mau dimasak apa.. hehe. btw, thanks ya. natalia

    BalasHapus
  4. @ natalia : seep mba lia,,,,mangga dicoba aja resepnya,,,hihi ni juga blom banyak bikin makanan pke double pan,,,double pan memang banyak kegunaannya dan lebih gampang ngolah makanan,,,hmm saya pernah buat pizza pke double pan,,,lumayan juga hasilnya xixixi

    BalasHapus