Halaman

Hi5 LayoutsHi5 LayoutsHi5 LayoutsHi5 LayoutsHi5 LayoutsHi5 LayoutsHi5 LayoutsHi5 LayoutsHi5 LayoutsHi5 LayoutsHi5 LayoutsHi5 LayoutsHi5 LayoutsHi5 LayoutsHi5 Layouts



18 Maret 2010

Bolu Gulung Double Pan

Belakangan ini membuat bolu gulung menjadi favorit paling utama buat keluarga di rumah, selain gampang membuatnya, bahannya juga tidak membutuhkan banyak bahan. Klo lagi banyak orang di rumah, mama pasti selalu ingin membuat bolu gulung, dan seperti biasa, pembuatannya akan diserahkan ke diriku, padahal saya ngga ahli dalam membuat bolu, apalagi bolu gulung. Tapi tetep aja pembuatannya akan diserahkan ke diriku. Apa boleh buat, bisa ngga bisa ya saya harus buat bolu gulungnya. Dulu sempat saya mencoba bolu gulung, saya dapet resepnya dari majalah, tapi gagal, bolu nya ga bisa digulung, karena pecah gitu. Alhamdulillah saya dapat resep bolu gulung ini dari teh edel. Padahal saya dapetin resep ini dari perbincangan sekilas saja, karena ketika saya berkunjung ke teh edel, dia lagi buat bolu gulung, ya sudah akhirnya saya tanya apa resepnya. Ternyata gampang lho buatnya. Pengalaman pertama membuat bolu gulung ini ya bisa dibilang lumayan, walaoupun sedikit-sedikit kurang gitu, tapi setidaknya bisa digulung, khan namanya juga bolu gulung, ya pastinya harus berhasil digulung,,,hehehe. Berikut bahan dan cara pembuatan bolu gulung versi teh edel plus kreasi sendiri ^_^.


Bahan :

5 btr Telur, buang putih telurnya 2btr.

5 sdm gula halus / gula pasir

5 sdm terigu (takaran sendok makannya sebaiknya rata agar bolu tidak keras, karena jika terlalu banyak terigu akan mengakibatkan bolu pecah ketika digulung)

1 ujung jari pengembang (lupa lagi namanya, tp yang pasti warnanya kuning yang biasa digunakan untuk pengembang bolu,:D)

100gr Mentega / atau sesuai selera (lebih banyak mentega akan membuat bolu lebih empuk dan mudah digulung)

1 lbr kertas minyak


Untuk olesan :

1/2 bungkus selai / keju parut


Cara Membuat :

1. Cairkan mentega, kemudian tiriskan.

2. Masukan telur dan gula ke dalam wadah, kocok sampai mengembang. Jika sudah mengembang, masukan pengembang, kocok lagi sampai tercampur rata dan warna adonan menjadi putih.

3. Masukan terigu sedikit-sedikit ke dalam adonan, kocok sebentar sampai rata.
4. Masukan mentega cair yang sudah ditiriskan (sisakan mentega cair sedikit, agar bisa digunakan untuk mengolesi Double Pan), kocok sebentar sampai tercampur rata.

5. Panaskan Double Pan, olesi dengan sedikit margarin cair. Kemudian masukan adonan ke dalam Double Pan. Panggang menggunakan api kecil selama 20menit / kurang.

5. Jika sudah matang, angkat.
6. Olesi bolu yang sudah matang dengan selai sesuai selera, atau bisa juga ditaburi keju parut.

7. Gulung bolu yang sudah diolesi selai dengan menggunakan kertas minyak agar tidak panas ketika menggulung. Diamkan beberapa menit, kemudian potong-potong sesuai selera.

8. Sajikan. Lebih nikmat dimakan ketika bolu masih hangat. hmmm yummiii ^_^

Catatan Pengalaman :
Saya pernah membuat bolu gulung tapi ngga berhasil, saya juga kurang ngerti karena apa, tp pengalaman yang kemaren seeh karena menteganya sudah dingin/membeku, truss dah gitu saya kocok dengan menggunakan putaran tinggi dan lama. Baiknya seeh menggunakan putaran kecil, dan mengocoknya jangan terlalu lama, agar adonan tidak jadi menipis. Usahakan untuk pengocokan adonan yang telah dicampur mentega, hanya dilakukan sebentar agar tidak mempengaruhi adonan. Ya setidaknya itu pengalaman yang pernah terjadi, waktu itu adonan jadi menipis pis pis (entah karena pengocokan lama setelah dicampur mentega, atau karena menteganya sudah membeku karena terlalu lama disimpan), ketika di panggang, entah jadi apa, bolunya tidak mengembang, malah tidak bisa disebut dengan bolu,,,hehehe pokoknya aneh rasanya,,,berasa telur semua,,,bau anyirr ^_^

Untuk olesan bolunya, ternyata pas saya coba menggunakan taburan keju parut, itu terasa yang paling enak di lidah, karena rasanya tidak terlalu manis klo dibandingkan dengan menggunakan selai, dan yang pasti dengan menggunakan taburan keju, rasa bolunya ada sedikit rasa asin dan pokoknya wueenakk dechhh,,,hmmmm jadi kepengen lagi untuk buat bolu gulung double pan ^_^. Simple khan!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar