Halaman

16 Februari 2016

Baso Kenyal Homemade

Akhirnya nemu juga resep bikin bakso yang bisa kenyal tanpa pengenyal khusus, cuma pke telor aja sebagai pengenyalnya. Yang artinya, sehat bingits nih baso, anak juga seneng sama baso buatan ibunya. Ini dia resepnya, setelah dilakukan uji coba beberapa kali, hihiy.
Bahan :
Daging sapi 0,25gr
Telur 1 bh
Tepung kanji 1 sdm
Garam secukupnya (saya bisa sekitar 3sdt)
Lada secukupnya
Bawang putih 2 siung
Es batu satu genggaman tangan
Air 1500 lt
Cara membuat :
1. Potong-potong dahulu daging beku, usahakan daging yang akan dibuat bakso dalam keadaan beku dan bisa dipotong-potong pakai pisau.
2. Siapkan air selama memproses daging, didihkan air. 
3. Masukan daging yang sudah dipotong-potong, es batu, telur, tepung kanji, bawang putih, garam, dan lada kedalam food processor, lumatkan sampai lembut.
4. Daging dan  bumbu yang sudah tercampur rata, bentuk bulat-bulat kemudian cemplungkan kedalam air mendidih, lebih bagus lagi ketika daging masih dingin sedingin es. Rebus baso sampai mengambang, jika sudah mengambang, baso sudah matang. Angkat dan sajikan.

Kalo ingin buat kuah basonya, air rebusan dari baso tersebut diberi bumbu halus bawang putih dan garam, rebus sampai tidak berbau bawang putih mentah. Atau bisa juga diberi bumbu halus bawang putih, kemiri, garam yang sudah digoreng terebih dahulu sampai kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar